Tuesday 20 July 2010

RINGKASAN lAPORAN KARYA ILMIAH PRAKTEK AKHIR 2010



Abdul Karim Anwar / NRP. 42066.1.7648“Pembinaan Usaha Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar (Chanos chanos Forsk) Melalui Pemberdayaan Kelompok di Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah“ Dibimbing oleh H. ISKANDAR MUSA, A.Pi., MM. dan ADE SUNARYO, S.ST., M.Sc.


Sejak tahun 1998 usaha budidaya ikan bandeng air tawar berhasil dikembangkan di Kabupaten Pati yakni terdapat di wilayah administrasi Desa Talun Kecamatan Kayen yang mempunyai lahan tambak seluas 162 Ha. Dalam hal teknologi yang digunakan, sampai saat ini sebagian besar tambak bandeng air tawar yang ada di Kecamatan Kayen masih menggunakan teknologi sederhana. Di Kecamatan Kayen 93% pengelolaan tambak bandeng air tawar masih menggunakan pola tradisional dan semi intensif, sisanya 7% menggunakan pola intensif.
Kelompok pembudidaya yang ada di Kecamatan Kayen terdiri dari satu kelompok besar dengan jumlah anggota sekitar 230 orang yang tergabung dalam “Pokdakan Mina Sejahtera”, sedangkan kelompok yang khusus melakukan kegiatan budidaya ikan bandeng air tawar sejumlah 24 orang. Kegiatan kelompok tersebut belum berjalan secara optimal, hal ini dapat dilihat dari kurangnya koordinasi antara anggota kelompok dan belum berjalannya administrasi kelompok dengan baik.
Tujuan kegiatan Praktek Akhir (PA) yaitu untuk merumuskan suatu program pembinaan usaha budidaya ikan bandeng air tawar (Chanos chanos Forsk) melalui pemberdayaan kelompok di Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Kegiatan Praktek Akhir ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Maret sampai dengan 20 Mei 2010 pada kelompok pembudidaya ikan bandeng air tawar yang bernama “Mina Sejahtera” di Desa Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Tahap pelaksanaan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu 1) tahap pengumpulan dan analisis data, 2) strategi kebijakan pengembangan usaha, serta 3) pelaksanaan dan evaluasi penyuluhan.
Data primer diambil langsung dari pelaku utama dan pelaku usaha, sementara untuk pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi langsung di lapangan. Data sekunder didapatkan dari pengumpulan data dan informasi berupa dokumen statistik wilayah, monografi dan data penunjang lainnya yang mendukung dalam pengembangan usaha budidaya ikan bandeng air tawar.
Penentuan sebaran contoh dilakukan berdasarkan potensi lahan dan produksi sehingga sebaran lokasi contoh terdapat di wilayah administrasi Desa Talun Kecamatan Kayen sebagai lokasi kegiatan usaha budidaya ikan bandeng air tawar. Sedangkan untuk penentuan responden dilakukan menggunakan Teknik Random Sampling Berlapis (Stratified Random Sampling) sehingga dari diperoleh jumlah sampel sebanyak 37 RTP dari total 230 RTP yang ada.
Perumusan strategi pengembangan usaha dilakukan dengan menggunakan Analisa SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats) dan strategi yang dipilih adalah S-O (Strengths-Opportunities) yaitu menggunakan seluruh kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Berdasarkan analisa SWOT tersebut, maka program pengembangan usaha budidaya ikan bandeng melalui pemberdayaan kelompok yaitu mengembangkan teknologi budidaya dan pembinaan kelompok melalui pemberdayaan kelompok.
Program pengembangan teknologi budidaya bertujuan dalam penerapan teknologi tepat guna dan upaya mendukung kegiatan Prasasti Mina di Desa Talun Kecamatan Kayen. Strategi pengembangan yang dilakukan yaitu Uji Adaptasi untuk mendapatkan hasil produksi yang optimal per satuan unit usaha sehingga diperoleh kesesuaian teknologi dengan lokasi ataupun lingkungan budidaya ikan bandeng air tawar yang dibudidayakan. Kegiatan ini dilakukan pada petakan yang luasnya sama masing-masing 7.000 m2 namun dengan padat tebar yang berbeda serta dengan tiga perlakuan berbeda.
Program pembinaan kelompok melalui kegiatan penyuluhan bertujuan agar kelompok dapat berpartisipasi aktif dalam mengembangkan kelompok perikanan yang dibagi dalam beberapa kegiatan yaitu : 1) Mengefektifkan kelompok, 2) Pembinaan kelompok, dan 3) Mengembangkan kelompok.
Kegiatan yang dilakukan dalam mengefektifkan kelompok yaitu kegiatan kunjungan rumah/usaha secara rutin setiap hari, biasanya dari hari Senin sampai Kamis atau menyesuaikan dengan keadaan lapangan. Kegiatan kunjungan rumah/tempat usaha dilakukan dengan cara berkeliling dari satu rumah/tempat usaha satu ke tempat yang lain. Dalam satu hari bisa mengunjungi 3 – 5 orang pembudidaya.
Jenis Pembinaan yang dilakukan kepada kelompok pembudidaya Mina Sejahtera di Kecamatan Kayen yaitu pertukaran informasi (sharing) teknologi budidaya ikan bandeng air tawar dengan anggota kelompok untuk meningkatkan produksi melalui pembinaan kegiatan Uji Adaptasi. Selain itu juga, dalam proses pembinaan dilakukan terhadap sub kelompok pengolahan “Mina Rezeki” dengan melakukan “demonstrasi cara” pada pengolahan ikan bandeng asap dan pengolahan empek-empek panggang.
Program pengembangan kelompok dilakukan bimbingan dan pendampingan dalam pembuatan administrasi kelompok yang baik. Program ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan kelompok dalam hal pengorganisasian kelompok serta dapat meningkatkan kelas kelompok. Aksi penyuluhan dilakukan terhadap pengurus kelompok Mina Sejahtera dengan waktu dan metode penyuluhan yang ditetapkan secara partisipatif, yaitu menggunakan metode diskusi dan media penyuluhan berupa buku-buku yang dibuat oleh penulis yang terdiri dari buku daftar anggota, buku tamu, buku agenda surat masuk, buku agenda surat keluar, buku daftar hadir kelompok, buku notulen, buku kegiatan kelompok, buku pengamatan kelompok, rencana kegiatan anggota kelompok, rekapitulasi data produksi,dan proses produksi.
Dalam rangka pembinaan usaha budidaya ikan bandeng air tawar melalui pemberdayaan kelompok di Desa Talun Kecamatan Kayen, maka program yang berhasil dilakukan adalah pengaktifan kelompok, pembinaan kelompok dan pemberdayaaan kelompok dengan hasil evaluasi terjadi peningkatan pengetahuan pembudidaya sebesar 42,77% dan peningkatan sikap sebesar 58,66%.
Dibutuhkan kelembagaan penyuluhan pada tingkat kecamatan dalam rangka pembinaan dan pendampingan pelaku usaha yang tergabung pada Kelompok pembudidaya Ikan Mina Sejahtera. Selain itu, dukungan dari berbagai pihak yang terkait yang dapat memfasilitasi kerjasama antara pembudidaya dengan lembaga penunjang, serta pembinaan intensif untuk peningkatan sikap, pengetahuan dan keterampilan dari aspek teknis, ekonomi, maupun sosial budaya dalam menjalankan usaha budidaya ikan bandeng air tawar di Kecamatan Kayen Kabupaten Pati.

No comments: